Cawagub diserahkan sepenuhnya Cagub Jatim

PKS Jatim Deklarasi Dukung Gus Ipul

Image
Tuesday, 09 January 2018 | 21:06:19 WIB


 

PKS Jatim Deklarasi Dukung Gus Ipul

- Cawagub diserahkan sepenuhnya Cagub Jatim

 

SURABAYA - Seperti sudah diprediksi jauh hari, Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  pada perhelatan Pilgub Jatim 2018 akhirnya memutuskan mendukung Bacagub Jatim Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul di injury time atau sehari sebelum pendaftaran Pilgub Jatim ditutup. 

Ketum DPW PKS Jatim Arief Hari Setiawan mengatakan dukungan PKS menjadikan Gus Ipul sebagai Cagub Jatim sebenarnya sudah berproses sejak Desember 2016 silam. Namun PKS mensyaratkan kepada Wagub Jatim supaya mencari tambahan kursi karena PKS Jatim hanya memiliki 6 kursi di DPRD Jatim. 

"Dukungan yang diberikan PKS kepada Gus Ipul ini juga atas arahan sejumlah kiai di Jatim. Habis deklarasi ini, kami akan langsung ke DPP PKS di Jakarta untuk mengambil Surat Rekonendasi DPP sebagai persyaratan mendaftakan pasangan calon ke KPU Jatim," ujar Arif Hari Setiawan di kantor DPW PKS Jatim jalan Gayungsari Barat Surabaya, Selasa (9/1) malam. 

Menurut Arif, siapa yang akan menjadi pasangan Gus Ipul diserahkan sepenuhnya kepada Gus Ipul. "Karena Gus Ipul sudah komitmen menyerahkan sepenuhnya Cawagub kepada PDIP, maka PKS hanya bisa berharap Cawagubnya orang yang tepat dan bisa menambah peluang memenangkan Pilgub Jatim," jelas politisi asal Malang. 

Di tambahkan Arif, pihaknya tidak menghendaki adanya calon tunggal di Pilgub Jatim meskipun dinamika politik di injury time potensinya semakin terbuka jika Gus Ipul gagal maju. "Kami yakin Pilgub Jatim tak akan calon tunggal sebab Gus Ipul pasti akan maju meskipun hingga saat ini pasangan Cawagubnya belum diputuskan PDIP, " imbuhnya. 

Sementara itu Bacagub Jatim Saifullah Yusuf mengaku senang dan plong karena semakin banyak partai yang mendukung dirinya maju di Pilgub Jatim. "Hari ini PKS resmi mendukung saya, mudah-mudahan Partai Gerindra juga demikia. PKS sudah sejak lama bersama saya dan Pakde Karwo waktu Pilgub Jatim 2008 dan 2013 lalu," ungkap Gus Ipul. 

Ia juga mengatakan nama-nama calon pendamping yang diusulkan PKS dan partai poros tengah lainnya sudah disampaikan ke PDIP. "Saya menyerahkan sepenuhnya kepada Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan. Kita tunggu saja keputusannya, dalam beberapa jam ke depan," ungkap ketua PBNU ini. 

Siapa yang dipilih, lanjut Gus Ipul terus terang dia belum tahu siapa. Tapi yang jelas kami semakin mantap dengan adanya dukungan dari PKS ini. "Mudah-mudahan besok kami juga bisa mendaftar ke KPU Jatim, tapi pastinya jam berapa masih dipersiapkan oleh tim," pungkasnya.  (tis) 

Sumber : -

Laporan : -

Editor : Try Wahyudi Ary Setyawan

loading...

Whoops, looks like something went wrong.