Petarung sejati demokrasi

Ipong Siap Wakafkan Diri Untuk Jatim, Asalkan

Image
Sunday, 07 January 2018 | 23:30:36 WIB


Ipong Siap Wakafkan Diri Untuk Jatim, Asalkan 

- Petarung sejati Demokrasi 

 

SURABAYA (Nusapos.com)  - Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, siap menggantikan posisi Abdullah Azwar Anas sebagai Cawagub mendampingi Cagub Saifullah Yusuf yang akran disapa Gus Ipul di Pilgub Jatim. Asalkan ada partai politik (parpol) yang meminang. 

 

“Yang pasti, kalau memang ada partai yang meminang saya siap. Tapi kalau wartawan yang nanya, saya siap mengabdi mewakafkan diri saya untuk masyarakat Jatim,” ujar Ipong saat dikonfirmasi di Surabaya, (7/1) kemarin. 

 

Menurut Ipong, dirinya semula belum mendapat restu dari masyarakat Ponorogo untuk ikut berkontestasi di Pilgub Jatim. Ini dibuktikan dengan hasil survei yang dilakukan sekitar bulan September 2017. “Hasil survei saat itu, masyarakat Ponorogo tak setuju,” dalih mantan Cagub Kaltim ini.

 

Sejak itu, kata Ipong, dirinya tidak ingin ikut berkontestasi di Pilgub Jatim dan ingin lebih memilih fokus mengabdi unuk masyarakat Ponorogo. “Alhamdulillah, semua janji politik saya untuk masyarakat Ponorogo sudah saya lakukan,” ungkapnya.

 

Namun seiring berjalannya waktu, nama Ipong kembali ramai dibicarakan sebagai pendamping Gus Ipul setelah Anas mengembalikan mandat ke DPP PDIP. Ia juga sempat disebut-sebut bakal menjadi cawagub pendamping Khofifah bersaing dengan Emil Dardak. 

 

“Kemudian saya kembali melakukan survei lagi pada Desember 2017. Jawabannya 52 persen masyarakat setuju, 48 persen tidak setuju. Nah, hasil survei itu bisa saya jadikan salah satu pertimbangan apakah saya nanti siap atau tidak jika ada partai yang meminang untuk Pilgub Jatim,” ujarnya.

 

Ipong mengaku sempat dianggap gila oleh masyarakat, karena tidak pernah kapok maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sebab, Ipong pernah tiga kali maju Pilkada. Dari tiga kali Pilkada yang diikuti dalam lima tahun, dua kali gagal menjadi kepala daerah. Pertama kalah di pemilihan walikota Samarinda. Kedua, kalah di Pilgub Kalimantan Timur. “Saya kalah dengan selisih tipis sekitar 4 persen dari calon incumbent di Pilgub Kaltim,” ujarnya.

 

Iponng baru menang di pilkada Ponorogo. Ia berhasil memenangkan pertarungan untuk Ponorogo satu. Dia terpilih menjadi Bupati Ponorogo untuk periode 2015-2020. “Di Ponorogo, saya juga diprediksi kalah. Tapi akhirnya menang. Sekarang, ada yang bilang sebaiknya saya maju di Pilgub Jatim,” imbuhnnya.

 

Sebagai informasi, Abdullah Azwar Anas resmi mengembalikan surat rekomendasi penugasan sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur ke DPP PDI Perjuangan pada Sabtu, 6 Januari 2018. 

Namun, hingga kini PDIP belum mengambil keputusan terkait pengunduran diri Anas dari Pilgub Jatim 2018 padahal batas pendaftaran Pilgub terakhir 10 Januari mendatang. (tis) 

Sumber : -

Laporan : -

Editor : Try Wahyudi Ary Setyawan

loading...