Rohil Waspadai Difteri

Image
Wednesday, 03 January 2018 | 13:00:40 WIB


ROHIL (nusapos.com)- Dinas Kesehatan Rokan Hilir mengintruksikan kepada setiap tenaga medis lingkup puskesmas dan rumah sakit umum daerah mewaspadai berjangkitnya penyakit difteri.

"Penyakit ini dominan menyerang anak-anak balita. Kita sudah intruksikan supaya setiap puskesmas memantau kesehatan masyarakat disekitar," kata kadiskes Rohil Dahniar, dikonfirmasi, Selasa (2/1/2018), di Bagansiapiapi.

Dirinya juga menyarankan supaya masyarakat bisa cepat dan sigap membawa balitanya ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi. Hal ini sebagai langkah antisipasi.

Menurutnya, penyakit difteri sudah masuk ke propinsi Riau, yakni di kabupaten Bengkalis, Kampar, dan Pelalawan.  Namun demikian, kabupaten Rohil tetap waspada dan siaga meski belum ada laporan terjangkiti.

Dahniar menambahkan ada beberapa hal sikap kewaspadaan kabupaten/kota terhadap penyakit difteri, diantaranya kabupaten/kota harus melakukan cakupan imunisasi bagi balita.

"Kita harus memberikan vaksin kepada balita dan selalu memberikan pengetahuan kepada masyarakat, sehingga penularannya bisa dicegah sedini mungkin," ungkapnya.

Lanjutnya, penyakit difteri ini ditandai dengan gejala awal seperti demam tinggi dan sakit pada tenggorokan, jika ditemukan maka pasien akan mendapatkan penanganan khusus. 

Sumber : MC Riau

Laporan : -

Editor : Red

loading...