Pakde Karwo optimis sebelum 25 Desember 2017

Peresmian Tol Surabaya-Mojokerto Masih Kabur

Image
Sunday, 10 December 2017 | 21:59:45 WIB



Peresmian Tol Surabaya-Mojokerto Masih Kabur

- Pakde Karwo optimis sebelum 25 Desember 2017

SURABAYA (Nusapos.com) - Kendati sudah bisa dioperasionalkan sejak November silam. Namun peresmian tol Surabaya-Mojokerto tampaknya masih belum bisa dilewati pengguna jalan. Pasalnya, hingga saat ini Presiden RI Joko Widodo belum juga melakukan peresmian jalan tol yang disebut-sebut bisa mengurangi kemacetan di wilayah Gerbangkertosusilo.

Jadwal awal, pada 7 Desember lalu sedianya Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Blitar dan bisa mampir sejenak meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Namun, karena kesibukannya rupanya jadwal Presiden Jokowi, sapaan karib Joko Widodo di Blitar diwakilkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. 

Gubernur Jatim Soekarwo pun mengharapkan tol yang sudah selesai pengerjaannya sejak November itu bisa segera dioperasionalkan. “Sekarang belum operasional. Tapi prediksi sebelum tanggal 25 Desember sudah bisa digunakan,” ujar gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut, Minggu (10/12) kemarin. Kalau peresmian jalan tol bisa dilakukan sebelum tanggal tersebut, maka akan sangat membantu masyarakat yang menikmati libur Natal dan tahun baru 2018.

Harapan segera diresmikannya Jalan Tol Surabaya-Mojokerto juga disampaikan oleh anggota Komisi V DPR RI Gatot Sudjito. Politisi Partai Golkar itu berharap Presiden RI Joko Widodo segera meresmikan jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Sehingga bisa dioperasionalkan sebelum liburan panjang akhir tahun 2017. “Kami sudah ke sana dan memantau, hasilnya sudah bisa dioperasionalkan serta dilewati kendaraan umum,” jelasnya.

Menurutnya, memasuki masa akhir tahun diprediksi terjadi kepadatan di sejumlah ruas jalan. Tentunya dengan pengoperasian jalan tol Surabaya-Mojokerto nantinya pasti bisa mengurai kemacetan lalu lintas padat yang biasa terjadi di sana. Perjalanan Surabaya ke Krian bisa ditempuh waktu 15 meni. Kemudian Krian ke Kertosono kurang dari 30 menit.

Dengan demikian, kata Gatot, jarak Surabaya ke Kertosono hanya menempuh 45 menit perjalanan, dan diharapkan akan terus tersambung hingga Ngawi, Madiun hingga Solo. “Kalau sudah tersambung maka jarak Surabaya ke Madiun paling lama dua jam. Ini adalah sebuah capaian luar biasa dari segi infrastruktur dan diharapkan Presiden atau minimal Menteri Perhubungan meresmikannya,” ungkap mantan anggota DPRD Jatim ini. 

Dari hasil pantauan bersama sejumlah anggota Komisi V lainnya, sejumlah fasilitas dan kelengkapan jalan tol sudah memasuki tahap akhir sehingga bisa dilalui kendaraan umum. Termasuk pengerjaan tol Surabaya-Mojokerto. Semua fasilitas sudah terpasang. Hanya menyisakan pintu tol Driyorejo, Gresik yang terus dikerjakan. (Tis)


 

Sumber : -

Laporan : -

Editor : Try Wahyudi Ary Setyawan

loading...
Post

Bupati Sampang Meninggal Dunia

1 tahun yang lalu

Whoops, looks like something went wrong.